SEMANGAT PEKERJA INDONESIA

karyawan

Kutipan ini saya kutip dari facebook, yang tiba-tiba nongol di timeline :D. Menurut saya ini bagus dan bisa sebagai renungan dikala kita mulai jenuh dengan kegiatan di kantor atau tempat kerja. Semoga bisa menginspirasi atau membakar semangat kita untuk bekerja agar bisa meraih cita-cita untuk kedepannya. Akhir kata dari saya semoga tulisan ini tidak menyinggung perasaan orang-orang yang membacanya

“Jangan meludahi air sumur yang airnya kamu minum sendiri, apabila pikiran negatif, maka prestasinya pun negatif”

 

Kalau di dunia wiraswasta, dagang, dunia usaha pun berlaku hukum ini. Dengan persaingan bebas dan percepatan distribusi informasi digital, sering kali dalam berdagang atau berusaha kita mendapatkan lawan yang jauh dari kata seimbang, tetapi keadaan ini diperparah dengan si wiraswastawannya yang suka meludahi sumur yang airnya dia minum sendiri. Contohnya seperti apa ?

  • Ah barang gue gak laku-laku nih, kampret !
  • Jelas aja barang dia laku, modalnya gede…
  • Ya iya lah, anak buahnya banyak, gua sendirian doank…
  • Dia jualan barang lebih mahal laku, gue jual barang sama kayak dia, udah lebih murah, gak laku juga-juga…
  • Barang sial nih, modal mandek disini, dst..
  • Yah , gua mah gini2 aja lah,

Karena bisa jadi anda tidak sedang bersaing dengan lawan dagang anda, tetapi anda sedang bersaing melawan ego diri anda sendiri dan berperang melawan kesabaran anda sendiri. INGAT! Tidak ada usaha jadi dalam sekejap mata.

Contoh-contoh seperti itu adalah afirmasi negatif yang bukan lagi meludahi sumur yang airnya kita minum, tetapi itu sama saja meludahi diri sendiri dan keluarganya. Kita hidup dijaman perdagangan dengan pola foto, upload, deal, dan kirim. Tidak perlu lagi kita berjalan puluhan atau ratusan kilometer untuk berniaga dan ada banyak pakem-pakem tersirat dalam dagang yang hukumnya, you better dont do that. Salah satunya adalah sibuk dengan aktifitas dagang orang lain, dan lupa kalau dia sendiri pedagang, bukanlah pengamat dagangan orang lain.

Bahkan saya pribadi, percaya setiap ucapan itu adalah DOA dan doa pasti dikabulkan. Maka terjadilah yg tidak baik, kalau dari dalam hati, pikiran, dan spirit berniaga kita masih penuh dengan muatan negatif.

  • Emangnya orang yang main modalnya besar, resikonya makin kecil apa ?
  • Emangnya orang yg banyak SDM, SDMnya itu dibayar pake daun apa ?
  • Emangnya barang yang sama tetapi di orang itu laku, gak keluar budget biaya promosi dan marketing apa?

Logikanya orang berani bayar lebih mahal itu karena servisnya sampah atau bagus ?. Jual mahal salah, jual murah ribut, itulah problem dipengamat dagangan orang lain, sementara yang diamati pastinya, jual mahal sebanyak-banyaknya, oke banget, jual murah sebanyak-banyaknya pun siap tempur.

Tetapi sebaiknya memang wiraswasta muda yang attitudenya belum siap perang kita biarkan saja, biasanya akan rubuh dengan sendirinya tanpa perlu di colek-colek. Masih enak karyawan yang berfikiran negatif, masih bisa dapat gaji, walaupun karirnya pasti stuck di tempat. Anda coba jadi pengusaha, punya pikiran negatif sekecil bayi semut sekalipun, bisa habis nanti usahanya.

Pengusaha yang ada pikiran negatif itu menurut saya bukan pengusaha. Sekalipun usahanya sedang berada diatas angin dan cobaan pengusaha itu bukan berfikiran negatif disaat usahanya lagi naik daun tetapi berfikiran positif disaat usahanya berada di titik luar biasa, itu lah next level test-nya.

Dan ingat, ini bukan masalah besar kecil nya penjualan, besar kecilnya omset, besar kecilnya volume transaksi, ini masalah penggiringan diri. Self positive attitude, positive mental attitude, tidak melihat keadaan disaat susah, dan senang. Bukan bicara menang kalah dalam kompetisi, ini bicara menang kalah dalam menaklukan ego dan energi negatif dalam diri anda sendiri dan menangkis energi negatif dari lingkungan sekitar anda.TIME-IS-MONEY-02

Setiap orang mempunyai waktu hidup yang sama yaitu 24 jam sehari. Tidak lebih atau kurang 1 detik pun, tinggal anda tentukan mau 100%  positif atau 50% persen negatif 50% persen positif atau 100% persen negatif atau yang mana didalam wadah gelas 24 jam waktu hidup sehari tersebut.

Sumber : Facebook

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *