KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS

wordpress

Bagi kalian yang sudah lama berkecimpung dalam dunia internet, apalagi dalam dunia nge-blog pasti sudah sangat familiar dengan apa yang dimaksud dengan wordpress. WordPress merupakan sebuah cms blog yang dibuat dan diperuntukan bagi para pembuat blog agar proses membuat dan membangunnya bisa dilakukan dengan cara yang cepat dan sangat mudah. Yang jadi pertanyaan sekarang, mengapa harus menggunakan wordpress ? Mengapa tidak menggunakan joomla ataupun drupal ? Jawabannya karena wordpress mempunyai banyak kelabihan yang mendukung proses menguangkan blog. Apa saja kelebihan atau alasan wordpress didalam proses bloging ?

Berikut adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari WordPress itu sendiri.

Kelebihan :

  1. WordPress merupakan sebuah platform blog yang gratis anda pakai selamanya. Anda tinggal mendownloadnya dan kemudian menggunakannya sepuas anda.
  2. Bisa diuji coba dan disetting atau di customize dalam keadaan offline tanpa terhubung ke internet. Oleh karena itu, anda bisa melakukan uji coba blog yang akan dibikin di localhost, bisa menggunakan bantuan software sekelas Xampp
  3. Tersedia banyak sekali thema, mulai dari thema yang gratisan hingga thema premium yang mempunyai nilai seni yang luar biasa.
  4. Dengan mengandalkan pada jenis dan bentuk thema, wordpress bisa digunakan untuk membuat berbagai macam jenis website, mulai dari blog pribadi, website iklan baris, website toko online, website pemerintahan dan masih banyak sekali jenis website lainnya.
  5. Untuk kebutuhan optimasi dan kebutuhan lainnya, wordpress menyediakan banyak sekali plugin yang siap anda gunakan. Dengan adanya bantuan berbagai macam jenis plugin, maka kegiatan anda dalam dunia blog bisa lebih dipermudah. Apalagi dengan ditambahnya dengan berbagai plugin premium yang mempunyai fungsi super, seperti wprobot, maka kegiatan ngeblog kita akan semakin asik saja, tanpa membuang-buang tenaga percuma.
  6. Karena wordpress merupakan sebuah script cms yang diinstall di hosting tersendiri, maka kita lebih mudah dan leluasa dalam merubah berbagai macam script maupun settingan.
  7. Sudah sangat terkenal dan banyak sekali yang menggunakannya, sehingga supportnya juga sudah sangat bagus. Jika kita menemukan berbagai macam kesulitan, maka kita akan dengan sangat mudah menemukan jawabannya, karena biasanya banyak bloger wordpress yang selalu sharing dengan keadaan blog mereka.
  8. Sudah banyak yang menggunakan wordpress untuk menghasilkan uang dari kegiatan bloging mereka, dengan alasan karena wordpress memang sudah sangat power full untuk kegiatan ngeblog.
  9. Selalu dikembangkan dan perjalanan perkembangannya juga sangat pesat. Hampir tiap bulan pasti akan perbaikan dan update versi.
  10. Dapat diintegrasikan dengan posting melalui email.
  11. Support terhadap plugin dan theme (pengaturan skin pada blog).
  12. Mendapat notifikasi jika ada komentar terbaru.
  13. Mempunyai kemampuan untuk mengimpor data dari MovableType, TextPattern, grayMetter, b2evolution dan Blogger yang merupakan kelebihan utama WordPress. Pemakai WordPress juga dapat membuckup semua posting untuk kepentingan keamanan dan menguploadnya kembali secara mudah.
  14. Mendukung dokumen dengan berbagai jenis ekstansi dan mempunyai API (Application Program Interface) untuk meningkatkan kemapuan WordPress.
  15. Sangat mudah untuk melakukan proses administrasi dan perawatan tanpa harus memiliki pengalaman dalam nge-Blog.
  16. Fasilitas searching yang nyaman.
  17. Proses publish konten secara instan.
  18. Mendukung multi bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.
  19. Mempunyai susunan panel administrasi yang terbaik dengan segudang fiturnya.
  20. Link manager untuk mempermudah proses pembuatan link dengan blog atau situs lain.

Kekurangan :

  1. Pada WordPress.com tidak dapat menggunakan Javascript.
  2. Pada WordPress.com tidak dapat merubah CSS, dan HTML dari tema yang anda pilih.

 

Semoga Bermanfaat

 

Sumber : di sini

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *