APA ITU JOOMLA ???

joomla

Joomla adalah Contant Management System (CMS). Open Source yang bebas ditulis dengan bahasa pemograman php dan data base MySQL baik untuk internet maupun intranet. Joomla menyertakan banyak fitur untuk meningkatkan kinerja termasuk page caching, web indexing, RSS freed, halaman untuk dicetak, web side searching, dan dukungan Internasionalisasi.

Nama Joomla berasal dari sebutan phonetic sebuah kata bahasa Swahili “Jomla” dengan arti kebersamaan atau kesatuan. Pilihan nama mencerminkan komitmen para pengembang dan komunitasnya saat membentuk Joomla ketika terjadi perpecahan dari Mambo di bulan Agustus 2005. Joomla dibangun sebagai fork dari mambo dengan rilis perdana Joomla 1.0.0 pada tanggal 16 September 2005 mengembangkan versi dari mambo. Menurut roadmap Joomla 2.0 code base akan ditulis ulang sekelompok dibangun mengadopsi GNU (General Publik Licence)

Untuk membuat suatu Informasi Electronik yang mulai berkembang saat ini diperlukan suatu CMS (Content Management System) yang digunakan untuk pembuatan/desain grafis, dan juga memiliki penulis yang kreatif untuk mengisi halaman-halaman web site dengan Mambo ataupun Joomla, tidak menjadi masalah karena seluruh tool memiliki fungsi yang sama. Meskipun program ini menggunakan bahasa php, bukan berarti harus paham seluruhnya tentang kode php. Bagi mereka tidak memahami kode HTML, Javascript, ASP, CGI, , maupun php tidak perlu takut untuk mempelajarinya karena meskipun tidak tahu tentang kode-kode tersebut, orang bisa membuat sebuah web secara cepat dengan beberapa fitur yang sangat kompleks yang dihubungkan dengan dalam suatu jaringan local atau luas (internet).

CMS adalah software computer yang memfasilitasikan pembuatan documen atau contant secara gotong royong dan kolaboratif. CMS kerap kali di artikan sebagai Aplikasi Web untuk mengelola web site dan konten web. Sementara untuk mengedit dan membuat artikel disertakan software khusus client, ia juga dapat digunakan untuk menyimpan documen perusahaan terutama seperti operators manuals, tecnical manuals, sales guides dan sebagainya. Solusi CMS banyak tersedia dalam bentuk open source yang bebas pungli dengan teknik yang lebih luas.

Download Joomla

Sumber : Di sini

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *